Islam mencapai puncak kejayaannya karena dipimpin oleh orang-orang yang benar-benar mengerti tentang Islam yang akhirnya membawa para pemimpin itu benar-benar mengerti tentang suatu hakikat, dan dibalik para pemimpin kejayaan Islam selalu ada para ulama dan orang-orang shaleh yang benar-benar mengerti tentang hukum Islam secara dalam dan bahkan sangat dalam.

Lalu bagaimana mungkin Islam ini akan kembali ke puncak kejayaan jika ternyata kelompok para ulama diduduki oleh orang-orang yang sebenarnya tidak yakin dengan Islam, menafikan Islam, bahkan percaya dengan hal-hal yang tidak masuk akal?

Anda semua tahu, contoh itu ada di negeri ini, tidak perlu saya sebutkan secara eksplisit siapa beliau, sehingga bagaimana mungkin kelompok ulama dapat memberikan fatwa yang bakal didengar dan dipatuhi oleh semua umat Islam jika kualitas ulamanya saja seperti itu. Mustahil. Kenapa? Karena sejatinya sikap itu jauh dari sikap dan kebiasaan para ulama dan orang-orang shaleh. Maka menjadi logis, setiap fatwa yang dikeluarkan oleh para ulama tersebut hanya dianggap semacam angin lalu.

Dan mari berdoa semoga Allah mengirimkan para ulama yang sebenar-benarnya untuk mengawal umat ini yang memang kenyataannya sekarang menjadi umat yang kehilangan arah, kehilangan identitas diri, menjadi umat laksana buih ditengah lautan, seperti yang jauh-jauh hari dikabarkan oleh Rasulullah Muhammad Shalallahualaiwassalam.