Banyak orang termasuk saya gandrung menonton film yang bertema action kungfu China, mulai dari film-film Bruce Lee, Jackie Chan, Jet Lee, Tonny Yen, Andy Lau, sampe dengan Boboho, semuanya selalu asik untuk ditonton. Sebenarnya apa kelebihan dari seni bela diri China sehingga amat sangat melegenda dan mendunia? Bukankah Indonesia juga punya seni bela diri yang sebenarnya tak kalah dengan seni bela diri China, tapi kenapa mereka bisa sangat melegenda?

Menurut saya, perbedaannya terletak di “packaging”, salah satu sarana yang sangat efektif dalam memperkenalkan sesuatu kepada khalayak umum adalah melalui film, dan mereka sangat fokus, sungguh berdedikasi, dan tak main-main saat membuat film-film mereka, mulai dari alur cerita, sampai dengan angel kamera pengambilan gambar, mereka sangat memperhatikan detail. Coba bandingkan dengan film-film bergenre action kita, bagus sih tapi terlalu monoton, terkesan tidak mau modal, apa adanya dan angel kamare kurang proporsional dan teknik pemotongan frame nya lumayan kasar. Silahkan bandingkan dengan ini

Intinya saya tetap mendukung produksi dalam negeri, tapi menurut saya, pelaku sineas Indonesia mesti banyak belajar lagi dari pelaku sineas lain, lebih kreatif, lebih perfeksionis dan lebih modal.