Adanya kebijakan pemblokiran website baik dari pihak penyedia internet yang memang sudah terikat perjanjian dengan aturan internet positif dari pemerintah, maupun pemblokiran yang dilakukan oleh pihak administrator jaringan yang kadang tanpa melakukan pemberitahuan atau dengan menggunakan alasan kuat kenapa mesti melakukan pemblokiran terhadap suatu website adalah sesuatu yang menyebalkan. Ya, kebijakan tetaplah kebijakan, terlepas dari kebijakan tersebut bijak atau tidak, biarlah kebijakan tersebut berjalan seperti adanya. Sekarang yang perlu dipikirkan adalah, bagaimana cara menyiasati agar dapat “terlepas” dari kebijakan tersebut dengan tanpa membuat gaduh.

Tulisan kali ini akan terfokus pada bagaimana cara melakukan bypass website yang terblokir agar dapat tetap kita nikmati.

Tool atau Software yang di Pakai
Berikut adalah beberapa tool atau software yang dapat digunakan untuk mem-bypass blokir website, yaitu:
1. TorBrowser
2. UltraSurf
3. DNSCrypt Client

TorBrowser
TorBrowser adalah hasil Tor Project, browser ini merupakan browser Mozilla Firefox yang telah dimodifikasi dan di-bundle dengan Tor Network. The Onion Router atau TOR merupakan jaringan internet yang katanya Super Anonim, karena melewati beberapa “node” anonim, dan tiap node berada pada negara yang berbeda. Node tersebut berupa VPN atau proxy yang anonim dan tidak disensor.

Penggunaan Tor Browser sangat mudah, Anda cukup hanya mendownload, kemudian memasangnya ke dalam komputer, jalankan, dan browsing seperti biasa. Tor Browser dapat diunduh melalui https://www.torproject.org/projects/torbrowser.html.en

UltraSurf
UltraSurf merupakan VPN/Proxy gratis yang telah disediakan oleh pembuatnya, UltraSurf awalnya dibuat untuk melewati sensor internet yang ada di China, pembuatnya merupakan warga Amerika keturunan China yang kuliah di MIT. UltraSurf merupakan software portable sehingga dapat dimasukkan ke dalam USB. UltraSurf akan melakukan tunneling ke VPN dan melakukan setting pada browser untuk melewati koneksi tersebut secara otomatis.

Untuk menggunakan UltraSurf, caranya sangat mudah, cukup download melalui alamat http://ultrasurf.us/, ekstrak, klik file softwarenya (run as administrator), tunggu beberapa saat agar UltraSoft berhasil membangun koneksi dengan server VPN, pilih brower yang akan digunakan untuk browsing (IE/Chrome), Anda dapat dengan bebas melakukan browsing website tanpa ada batasan apapun. Kelemahan dari UltraSurf adalah proses koneksi ke website yang dituju terasa lebih berat/lambat, karena akan sangat bergantung pada VPN Server yang digunakan sebagai tunneling untuk melakukan bypass website yang terblokir.

DNSCrypt Client
DNSCrypt adalah software yang meng-enkripsi dan meng-autentikasi komunikasi data antara komputer client dan DNS Server. Dengan adanya enkripsi dan autentikasi tersebut, maka ISP tidak dapat mencegat dan mengubah data dari DNS Server sehingga semua sensor dan blokir yang ditetapkan oleh pihak ISP tidak dapat diterapkan. Untuk menggunakan software ini, caranya cukup mudah, Anda cukup melakukan download ke https://dnscrypt.org/, install dan jalankan. DNSCrypt Client terdapat pada platform Windows, Mac, Linux dan Android.

Happy visit your favorite website without limitation!

Baca juga: Cara Membuka Vimeo