Menyaksikan seorang penghafal Al Quran membuat saya berfikir, bagaimana cara otak mereka bekerja merekam semua yang ada di dalam Al Quran ke dalam otak mereka tanpa ada kerusakan rekaman? Merekam kitab yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, 6.000 lebih ayat, ratusan ribu kalimat, jutaan kata, tanpa ada salah sedikitpun, hanya satu ungkapan yang bisa saya ucapkan, LUAR BIASA!

Terlepas dari bagaimana otak para penghafal Quran itu bekerja (karena pasti akan membutuhkan penelitian tingkat tinggi untuk menemukan sedikit jawaban dari misteri itu), tapi yang jelas, ini adalah salah satu bentuk bukti dari janji Allah yang termaktub dalam QS. Al Hijr: 9, benar-benar terbukti.

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. (Al-Hijr. 9)

Lebih menakjubkan lagi adalah bagaimana Al Quran itu diturunkan oleh Allah yang berupa wahyu melalui malaikat Jibril kepada seorang yang buta huruf yang bernama Muhammad. Silahkan berfikir, seorang buta huruf bisa menghafal detail semua wahyu yang turun, semua terekam dengan baik dalam otak Rasulullah Muhammad. Sekali lagi itu LUAR BIASA! Dengan demikian, siapakah yang memelihara Al Quran kalau memang bukan Allah sendiri?