Dalam rentang waktu yang tidak lama, dunia dihebohkan dengan ledakan bom, di Filipina, menyusul di Manchester Inggris, dan yang terakhir di Jakarta, dari berbagai sumber pelaku pemboman mempunyai nama yang lebih dekat dengan nama yang biasa digunakan oleh orang-orang Timur Tengah, dan sudah terkonfirmasi dari pihak Isis lah yang bertanggung jawab atas terjadinya bom Manchester, jadi dari sana insyaAllah dapat dipastikan bahwa media akan blow up jika Islam adalah memang agama teror, mereka dengan akan mudah melakukan generalisasi, meskipun mereka sebenarnya tahu jika Islam bukan Isis. Tapi ya begitulah zaman saat ini, periode zaman yang sudah dikabarkan Rasulullah ribuan tahun yang lalu, yaitu periode zaman yang dimana umat Islam mengalami periode paling buruk, penuh dengan fitnah, dan umatnya sendiri jauh dari Islam dan tidak mengerti Islam itu sendiri.

Kembali ke masalah bom, ada beberapa kelompok yang memandang makna Jihad dengan sangat sempit dan serampangan, dengan segala dalil yang dipenggal-penggal, tanpa didasari oleh latar belakang sejarah yang baik dari suatu kejadian, mereka dengan mudah mendefinisikan makna Jihad, akhirnya ketemulah metode “jihad” yang biasa disebut dengan bom bunuh diri. Jihad adalah sesuatu yang sangat mulia dalam Islam, seperti ibadah mulia lainnya, jihad juga punya aturan-aturan serta tata cara yang sudah diterangkan dalam banyak hadist. Yang jelas tidak ASAL! Karena sudah jelas bahwa surga tidak menerima orang yang bunuh diri, cerita menjadi lain saat seorang sedang dalam kondisi peperangan (dengan tujuan yang sudah jelas untuk Islam) melempar bom, lalu dia terkena percikan dari ledakan bom itu, lalu dia meninggal karenanya.

Saya secara pribadi tidak setuju dengan konsep “jihad” bom bunuh diri, sehingga saya menyarankan kepada setiap kita untuk lebih memahami agama yang kita peluk yaitu Islam, pahami betul-betul, belajar dari guru yang benar jangan asal memilih guru, tetap gunakan otak dan nalar jangan asal menerima suatu pemahaman dari orang lain. Agar jangan sampai yang kita lakukan yang sebenarnya berniat untuk mengembalikan kejayaan Islam malah berbalik menjadi lebih memperburuk kondisi dan citra Islam.

Berikut adalah video dari kajian Ust. Khalid Bassalamah yang menerangkan tentang jihad, hukum “jihad” bom bunuh diri, siapakah itu ISIS