Pertandingan NBA terbaik sepanjang masa mungkin cocok disematkan pada pertandingan final NBA musim 1998 yang mempertemukan Chicago Bulls vs Utah Jazz. Waktu itu saya masih dibangku sekolah dasar, dan yang menyiarkan pertandingan itu adalah TV swasta yang paling top dijamannya, RCTI, karena hanya RCTI yang menyajikan siaran-siaran kualitas sangat tinggi dijamannya, NBA, Serie A Italia, Formula 1, dan tentu saja piala dunia 1998. Waktu itu sebenarnya saya kurang mengerti permainan bola basket, tapi karena momennya adalah masa antara setelah ujian nasional – pengumuman kelulusan sekolah, dari pada stress mikirin lulus atau tidak, ya mending nonton final NBA yang kebetulan di waktu Indonesia disiarkan pada pagi hari.

Meskipun tak begitu mengerti bola basket, tapi feeling mengatakan, “aku harus menjadi fans Chicago Bulls”, alasannya tak begitu kuat kenapa mendukung tim itu, cuma karena permainannya yang trengginas. Setelah mengikuti game 1 dari 5 game yang bakal terselenggara, saya ketagihan untuk menonton game game berikutnya, dan akhirnya saya baru mengerti kenapa tim Chicago Bulls terlihat sangat mempesona permainannya, karena di tim itu dihuni oleh pemain-pemain nomor wahid dijamannya, antara lain: Michael Jordan, Scottie Pippen, Dennis Rodman, Tony Kukoc. Sedang di tim Utah Jazz juga tak kalah menawan permainannya, ternyata dihuni pemain yang punya standar sangat tinggi, macam Karl Malone, John Stockton, Jeff Hornacek.

Pada umumnya orang akan langsung jatuh hati dengan permainan dari bintang lapangan Michael Jordan, Scottie Pippen, Denis Rodman, Karl Malone, karena mereka mempunyai tinggi tubuh standar NBA, yaitu > 1.9 meter, tapi khusus John Stockton sangat menyita perhatian saya, tinggi tubuhnya termasuk mungil untuk ukuran pemain NBA yaitu 1.85 m, namun dia punya peran sangat sentral bagi Utah Jazz, akurasi three point shot nya luar biasa!

Ada 5 game final yang dilakukan dengan home-away, anda bisa melihat ke lima game itu di youtube, dan video dibawah ini adalah game terakhir yang diselenggarakan di markas Utah Jazz, dan dimenangkan Chicago Bulls dengan cara yang sangat dramatis.