Hidup bukanlah hidup kalau tanpa masalah. Masalah pasti akan ada dan hidup tanpa masalah maka bukanlah hidup atau sama saja dengan mati. Masalah dalam hidup menjadi hal menakutkan bagi banyak manusia di muka bumi ini. Manakutkan bukan berarti harus kita limpahkan ke berbagai hal-hal negatif apalagi menjadi suatu keluhan berkepanjangan.

Masalah yang ada di dalam hidup ini pasti ada solusinya, dan orang yang paling tepat untuk menyelesaikannya tida lain selain diri sendiri. Terkadang memang kita meminta saran dan bantuan dalam menghadapi masalah kita, tapi sayangnya kehadiran mereka yang rela membantu kita tidak selalu tersedia 24 jam. Tapi ada satu hal lain yang bisa mendukung masalah penyelesaian tersebut, yakni hobi.

Hobi menurut kamus bahasa Indonesia berarti kegemaran atau kesenangan istimewa di waktu senggang. Inilah pengalih perhatian dari masalah anda, pendukung solusi masalah anda yang berfungsi layaknya suplemen tubuh.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa suplemen bisa mendukung daya tahan tubuh saat dalam kondisi tidak baik. Bahkan suplemen bisa diminum kapanpun tidak hanya saat dalam kondisi sakit saja, sama halnya dengan hobi yang bisa dilakukan kapan saja. Perumpamaan suplemen sebagai penangkal serangan penyakit dan hobi sebagai solusi masalah kehidupan kurang lebih seperti berikut ini. Jika kita rutin mengkonsumsi suplemen maka saat penyakit itu datang kita berada dalam kondisi yang lebih siap, sehingga pemulihan bisa lebih cepat. Begitu juga dengan melakukan hobi positif secara rutin, maka pikiran kita akan lebih siap atau dengan kata lain, jernih untuk perlahan mencari solusi masalah yang kita hadapi. Kita pun dapat melihat masalah dari sudut pandang yang positif untuk bisa menerima masalah itu dengan hati lapang.

Lalu, jenis hobi seperti apa yang dapat menjadi suplemen dalam kehidupan? Pilihlah hobi yang praktis sesuai kegemaran masing-masing. Beberapa contoh kegiatan yang bisa dijadikan hobi untuk meningkatkan alam pikiran menjadi lebih positif antara lain olah raga fisik, beberapa orang lebih memilih bermeditasi dengan gerakan-gerakan yoga atau yang lainnya, namun bagi kita yang notabene adalah seorang muslim, “bermeditasi” dengan cara berlama-lama dzikir di malam hari akan lebih bermakna lagi. Setidaknya orang-orang yang rutin olahraga dan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, memiliki keluhan lebih sedikit dalam hidupnya. Karena secara fisik energi “mengeluhnya” cukup terkuras dengan kegiatan olahraga ataupun ibadah, sehingga tindakan mengeluh atas masalah dalam hidupnya pun berkurang. Namun, jangan lantas berpikir singkat bahwa hobi akan menyelesaikan segalanya. Hobi tidak bisa menyelesaikan masalah. Mendukung kesiapan diri dan pikiran untuk menyelesaikan masalah satu persatu dan mendapatkan solusinya