Hari selasa (13 September 2011) berangkat ke kantor dengan perasaan yang biasa saja, hal itu berlangsung sekitar waktu menunjukkan sekitar jam 10-an. Telpon berdering dari salah satu sekretaris bos yang nanyain kenapa dengan emailnya (yahoomail) yang g bisa ngirim email? Ok, untuk memastikan akar masalah aku coba kirim email ke emailku (gmail) dan kirim email ke diri sendiri, status “Sent”, tapi g ada di inbox, spam ataupun pesan gagal pengiriman karena suatu sebab.

Logika analisa dibalik, yang dari luar (gmail, msn dll) ke yahoo, ternyata untuk incomingnya g ada masalah sama sekali. Otak mulai berfikir ada apa ini? Karena setelah itu banyak komplain yang sama yang aku terima, dan aku belum bisa menjelaskan itu. Eskalasi analisa mulai berjalan yang antara lain:

  • Aku pastikan g ada masalah dengan komputer client yang berkaitan dengan virus dsb
  • Mungkin di networkku yang bermasalah, memang benar ip publik kantor menunjukkan masuk blacklist. Bahkan salah satu layanan menerangkan jika ip nya menyebarkan virus torpig. Saat itu aku pikir mungkin ini akar permasalahannya, oleh karena itu aku pasang firewall untuk memfilter penyebaran virus tersebut, dan firewall berjalan dengan baik,  ip pun berhail di whitelist. Tapi kok ya tetap g bisa terkirim ya?
  • Wait, mungkin masih ada cache yang belum bersih dari setelah proses whitelist, aku coba sampai tengah malam tetap g ada perubahan sama sekali.
  • Waktu itu cari-cari diforum (kaskus dsb), ternyata belum ada yang posting, sehingga menambah beban otakku untuk mencari tahu akar permasalahannya (soalnya aku masih berpikir masalah terletak pada network)

Keesokan harinya, secara tidak sengaja, teman kerja sebelah iseng-iseng saya suruh kirim email dari yahoo-nya, ehhh ternyata sukses terkirim, so aku minta tolong ke beberapa teman yang masih satu kantor untuk mencoba hal yang sama, hasilnya ada yang normal dan ada pula yang gagal kirim email. Agar benar-benar yakin masalah bukan terletak pada network yang aku kelola, aku minta tolong ke teman yang bekerja di BRI Syariah, PLN, dan Andi (teman yang sedang pulang ke Palembang) ehhhh ternyata mereka juga g bisa kirim email.

Penjelasan yang paling masuk akal berasal dari Andi, dia njelasin perusahaan Yahoo sedang goyang dan akan dijual sehingga berimbas pada layanan emailnya. Ya sudah kalau begitu, mau apa lagi, harus menunggu orang-orang yahoo bekerja mbenerin proses outgoing emailnya.

Hari esoknya, barulah layanan yahoo mail kembali normal dan masalah itu baru aku lihat di forum kaskus, berikut beberapa link yang bisa dijadikan referensi masalah:
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10509917
http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20110914104800AASWODU