Subhanalloh, maha suci Alloh yang telah menciptakan sesuatu didunia ini dengan berpasang-pasangan, ada pria ada wanita, ada siang ada malam, dan seterusnya, tak terkecuali dengan Khouf wa Rodja (takut dan harapan). Alloh menurunkan Islam sebagai nur (cahaya) untuk menerangi kehidupan manusia agar menjalankan kehidupannya dengan baik dan benar. Untuk menuju tujuan baik dan benar tersebut, Alloh selalu memberi ancaman yang berupa ketakutan (khouf) agar manusia sadar bahwa hidup ini bukanlah atas kehendak manusia semata. Tetapi apa jadinya jika Alloh hanya memberikan ancaman-ancaman tanpa adanya sebuah pengharapan? Tentu saja manusia akan terkungkung dalam kehidupan dengan pemikiran yang sempit, tidak ada inovasi dan kreativitas karena setiap dia akan melangkah selalu ada pembatas. Tetapi Alloh maha mengetahui, sehingga Dia juga memberi harapan-harapan yang sangat besar kepada manusia agar manusia bisa menjalankan kehidupan dengan baik dan benar.

Sebagai contoh, apa jadinya jika Alloh hanya memberi ancaman serta gambaran betapa mengerikannya neraka, tanpa adanya harapan dan gambaran tentang surga? Pasti kehidupan manusia hanya akan diisi oleh ibadah (sholat, puasa dll), dan bahkan mungkin ada sebagian yang frustasi sehingga memutuskan untuk mengabaikan semua ancaman itu untuk kemudian memilih jalannya sendiri, bebas dari semua batasan.

Cerita akan sangat berbeda saat harapan itu dibentangkan, manusia akan menjadi lebih bersemangat dalam hidupnya, mengerti dan paham tujuan hidup yang hendak dicapai yang menyebabkan manusia akan melakukan inovasi, improvisasi dan mengeluarkan segala kreatifitasnya untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Ya, hidup ini hanyalah sebuah proses yang sangat sebentar, dalam prosesnya manusia pasti akan membuat noda yang berupa dosa, jika kita kurang memahami bahwa harapan terbesar hidup ini adalah negeri akhirat dengan surga yang telah Alloh janjikan, maka kita mungkin akan sangat bangga dengan dosa-dosa yang kita lakukan.

Jadi, jika kita sedang mempunyai permasalahan hidup apapun bentuknya maka jangan takut, jangan risau dan jangan khawatir karena selalu ada harapan jika kita mau berusaha untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut. Jika masih gagal maka koreksilah diri sendiri mungkin ada kesalahan yang secara tidak sadar telah kita lakukan dan kemudian bangkit lagi mencari solusi yang lain agar harapan itu selalu tumbuh. Dengan begitu kita akan menjadi manusia yang selalu penuh dengan harapan-harapan realistis karena diimbangi dengan sebuah usaha untuk menggapai harapan-harapan tersebut.