Ini adalah contoh implementasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) di Visual Basic .Net, dalam kesempatan kali ini database yang digunakan ada SQL Server, bisa digunakan SQL Server Express maupun SQL Server Proffesional. Aplikasi CRUD yang akan dibuat adalah CRUD untuk produk barang, dan tentu sangat sederhana, tapi saya pastikan ini memenuhi standar minimal dari aplikasi CRUD yang bisa saja dikembangkan ke level yang lebih advanced.

1. Tampilan output dari aplikasi CRUD Produk Barang

crudVBNet

Buatlah satu form dengan nama frmProduk.vb dan susunlah obyek-obyek (label, textbox, dataGridView, dan button) seperti gambar di atas, dan berilah ubahlah properties dari masing-masing obyek tersebut. Disini saya tidak akan menerangkan secara detail tentang pengisian property, tetapi berkaitan dengan nama property, berikut adalah nama dari beberapa obyek yang saya gunakan : txtKodeProduk, txtKodeProduk2, txtNamaProduk, txtHarga, grid, txtKataKunci, cmdSimpan, cmdReset, cmdHapus, cmdKeluar).

2. Struktur Database

Buatlah satu database di SQL Server dengan nama produk_db, kemudian buatlah satu tabel yang strukturnya seperti di bawah ini :

3. Buatlah satu buah Modul dan berilah nama modKoneksi.vb, lalu isi dengan kode berikut :

4. Isi kode program dari frmProduk.vb adalah sebagai berikut :

5. Uji kode dengan menjalankan tombol Start atau dengan shortcut F5.