PhpMyAdmin adalah sebuah aplikasi populer yang digunakan untuk pengelolaan database MySQL. Waktu saya bermain-main dengan Ubuntu saya tidak ada masalah untuk melakukan instalasi aplikasi itu dengan perintah yang sangat simpel apt-get install phpmyadmin, tetapi itu tidak bisa saya lakukan saat saya bermain-main dengan Centos. Perintah apt-get ubuntu akan setara dengan yum di centos, dengan asumsi itu saya pikir akan sangat mudah untuk melakukan instalasi serta konfigurasi phpmyadin, tapi ternyata itu salah total.

Cari tahu sana-sini ternyata masalahnya adalah paket phpmyadmin tidak terinstall di yum repositori secara default, oleh karena itu kita harus menambahkan repositori Fedora EPEL (Extra Packages for Enterprise Linux) agar bisa melakukan instalasi dengan menggunakan yum, berikut perintahnya:

Kemudian lakukan update yum

Lakukan instalasi phpmyadmin

Konfigurasi phpmyadmin

Konfigurasi phpmyadmin ini saya tulis ulang dari tutorial yang dibuat oleh teman saya http://heker86.wordpress.com/2008/10/11/install-lampp-phpmyadmin-di-centos-5/

1. Pertama kali yang dilakukan adalah edit file config.inc.php

2. Cari perintah seperti di bawah ini pada file konfigurasi tersebut:

3. Isikan suatu kata diantara tanda (”), terserah anda mau mengisikan apa aja. Contohnya seperti dibawah ini:

4. Apabila anda tidak mengisikan sesuatu di antara tanda tersebut maka akan tampil halaman error seperti di bawah ini:

5. Kemudian buat password root mysql anda untuk login ke phpmyadmin dengan perintah seperti di bawah ini.

6. Buka browser anda dan arahkan ke http://ip_komputer_anda/phpmyadmin

7. Jangan lupa untuk merubah file di bawah ini jika anda menginginkan agar phpmyadmin bisa di remote dari mana saja(tidak harus dari localhost aja).

8. Kemudian edit pada baris di bawah ini

ubah konfigurasi file /etc/httpd/conf.d/phpMyAdmin.conf seperti kode dibawah ini

9. Sampai di tahap ini apabila tidak terjadi error maka anda sudah bisa menggunakan webserver dan phpmyadmin anda dengan lancar.